Jumat, 15 Januari 2010

Dimensi Hidup

Dalam setiap agama, selalu ada ajaran tentang dimensi kehidupan yang akan datang. Dimensi ajaran hidup yang bukan hidup kini dan di sini. Dimensi kehidupan ini adalah kehidupan yang sejahtera, kehidupan yang menyenangkan, penuh denan kasih sayang, keadilan, kebenaran perdamaian dan serba kecukupan dan sebagainya. Dalam ajaran kita, keadaaan hidup yang seperti digambarkan akan terjadi kalau Tuhan Yesus datang kedua kalinya. Ia akan menyempurnakan karya penyelamatan-Nya atas orang-orang yang percaya kepada-Nya.

Dalam Alkitab dijelaskan bahwa tanda-tanda yang akan mendahului akan datangnya Anak Manusia adalah kekacauan alam, seperti matahari menjadi gelap, bulan tidak bersinar, bintang akan jatuh. Gejala ini menunjukan bahwa ada sesuatu yang berubah, sesuatu yang dapat menghentakan manusia sehingga manusia sadar dan memperbaiki kehidupannya dan siap menyongsong hari akhir dengan kesiapan moral yang tinggi.

Di lingkungan hidup kita sehari-hari, paling tidak ada dua kelompok ekstrim dalam menyikapi hidup di dunia ini terutama dengan jaman akhir. Pertama kelompok orang yang tidak mau tahu, bahkan cenderung tidak percaya, yang ditandai dengan gaya hidup mereka yang masa bodoh karena mereka tidak percaya akan dimensi kehidupan yang akan datang. Mereka melakukan kejahatan (yang penting tidak ketahuan) tidak takut dosa, dan tidak takut penghakiman terakhir.

Kelompok kedua adalah kelompok yang mendewakan akhir jaman sehingga dengan ajaran mereka dapat membodohi pengikutnya untuk tidak peduli dengan kehidupan di dunia dan hidup mereka hanya terfokus pada akhir jaman, bahkan rela bunuh diri untuk menyongsong jaman akhir. Di tengah kedua kelompok inilah kita hidup dan harus berusaha menjalani hidup. Tetaplah teguh pada hal yang kita yakini sampai akhir Yesus yang akan menjemput kita sebagai sahabat yang sangat kita nantikan.


Warta Jemaat, 1 Novemvber 2009, Gereja GKJ Condongcatur

Jln.Wijayakusuma II/Perumnas CondongCatur, Depok Seleman, Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar